Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, December 1, 2012

PERTAMINA TANAM 55.000 POHON DI PANTAI JEPARA

PT Pertamina (Persero) melakukan penanaman 55.000 pohon di kawasan pantai Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dalam rangkaian peringatan HUT Pertamina ke-55 yang jatuh pada 10 Desember 2012.

Penanaman pohon yang diawali di kawasan pantai Desa Tanggultlare, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Sabtu, tersebut dilakukan General Manager Pertamina Fuel Retail Marketing Region IV Rifky E. Hardijanto dan Wakil Bupati Jepara Subroto.

Ikut dalam acara penanaman pohon tersebut, jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Jepara, jajaran karyawan Pertamina, LSM, dan masyarakat desa setempat.

Jenis pohon yang ditanam di lahan seluas 10 ribu meter persegi tersebut antara lain jenis cemara laut, cemara udang, nyamplung, dan kelapa.

Menanam pohon, lanjut Rifky, merupakan warisan untuk generasi yang akan datang serta mampu merehabilitasi hutan pantai Jepara sehingga dapat mencegah abrasi dan intrusi air laut serta untuk memulihkan fungsi ekologis dan ekonomis hutan pantai.

"Dalam jangka waktu lima tahun yakni 2011 hingga 2015, target Pertamina menanam 100 juta pohon se-Indonesia," kata GM Pertamina Fuel Retail Marketing Region IV Rifky E. Hardijanto usai melakukan penanaman pohon.

Di tingkat Jateng-DIY, ada 400.000 pohon yang sudah ditanam di beberapa daerah, seperti di Sleman, Boyolali, Tegal, Banjarengara, dan Solo. Dari jumlah pohon yang ditanam tersebut bisa menyerap karbon dioksida (CO2) lebih dari 10 ton per tahun.

Penanaman pohon tersebut tidak seluruhnya dilakukan di kawasan pantai, tetapi ada juga di pegunungan. Jenis pohon yang ditanam juga beragam termasuk pohon keras dan buah-buahan.

"Kami tidak sekadar menanam, tetapi juga akan melakukan perawatan dengan terus mengawasinya. Jadi, jika ada yang mati akan diganti baru, sehingga jumlah pohonnya tidak akan berkurang," katanya.

Untuk perawatan pohon, Pertamina bekerjasama dengan dengan LSM serta dengan masyarakat.

Dalam kesempatan sama, Wakil Bupati Jepara Subroto mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pertamina yang telah membantu melakukan penanaman pohon di pantai Jepara.

"Kabupaten Jepara memiliki pantai kurang lebih 72 kilometer. Hutan mangrove yang semestinya melindungi daratan dari ancaman abrasi dan intrusi air laut telah rusak, sehingga perlu ditangani bersama baik pemerintah, swasta, dan masyarakat," katanya.

Apalagi, tambah Subroto, target Pemerintah Kabupaten Jepara adalah menjadikan kawasan pantai menjadi tempat tujuan wisata.(ant)

0 comments:

Post a Comment